Prediksi IHSG

Prediksi IHSG untuk tanggal 20 Mei 2019.

Telah diketahui sebelumnya bahwa penurunan IHSG selama 2 minggu terakhir sangat tajam. Hal ini disebabkan oleh 3 faktor. Pertama adalah faktor dari luar yaitu berita perang dagang antara US dan China. Kedua adalah faktor dari dalam negeri yaitu Defisit Neraca Perdagangan yang besar. Ketiga adalah suhu panas politik dari hasil Pilpres yang akan diumumkan pada tanggal 22 Mei 2019.

Pada prediksi minggu lalu saya sudah mengatakan bahwa penurunan IHSG sedang mencoba menutup hutang gap. Hutang Gap tersebut ada pada angka kisaran 5830 yang telah berhasil ditutup pada hari Jumat lalu. Namun bagaimana pergerakan IHSG pada hari Senin esok?

Baiklah, mari kita lihat pada gambar diatas. Candle yang terbentuk pada hari Jumat lalu terlihat tekanan seller masih cukup kuat dan berhasil menutup hutang gap. Skenario yang dapat terjadi saat ini memang ada 2 yaitu IHSG hanya menutup hutang gap dan akan rebound pada hari Senin atau masih akan turun ke support terkuatnya di 5630an.

Mengapa di 5630an? Mari kita lihat pada timeframe bulanan dibawah ini:

Categories

Prediksi IHSG

Nah, pada timeframe bulanan tersebut terlihat jelas support kuat ada pada garis trendline dikisaran 5630an. Angka tersebut bersamaan dengan titik terendah pada tahun 2018 bulan 7 - 9 sebagai support terkuatnya. Disini saya cukup yakin IHSG akan naik kembali karena bersamaan dengan support trendline. Namun perlu diperhatikan kondisi IHSG untuk kembali naik sudah sangat terbatas.

Baca juga: IHSG Rebound dengan penguatan sementara

Namun ada skenario terakhir, yaitu dalam beberapa bulan ( mungkin 1 tahun lebih ) IHSG akan bergerak mendatar atau sideway. Mari kita lihat pada gambar dibawah ini:

Prediksi IHSG

Ya, IHSG masih ada skenario untuk bergerak mendatar setelah perjalanan panjang bertahun-tahun terus naik. Sudah saatnya IHSG menarik nafas dan menentukan arah selanjutnya. Sebagai trader maupun investor ada baiknya kondisi ini mejadi perhatian khusus. Ketika harga bergerak menembus kotak merah sebagai support kuat, maka ada kecenderungan IHSG akan memasuki Trend Bearish yang besar. Tetapi jika berhasil membuat harga tertinggi maka IHSG cenderung akan melanjutkan rallynya.

Memang tidak ada yang pasti dalam dunia trading saham. Tidak satu orang pun yang selalu memiliki 100% akurasi hasil analisanya. Sebagai trader kita dapat memprediksi skenario pergerakan harga seperti contoh diatas. Jika kita sudah mengetahui pergerakan tersebut maka kita sudah dapat memutuskan tindakan apa yang harus kita lakukan.

Baca juga: Prediksi IHSG menjelang pengumuman hasil perhitungan suara KPU