IHSG saham Indonesia

Pergerakan IHSG dalam 2 minggu terakhir memang cukup membuat kahwatir banyak trader, baik trader pemula hingga yang berpengalaman. Dari kondisi politik yang tidak kunjung kondusif, berita-berita negatif dalam negeri dan tebaran-tebaran ketakutan akan berita resesi yang segera datang. Tidak sedikit pula yang sering memberikan rekomendasi pun telah angkat kaki dan memilih untuk wait and see setelah IHSG berhasil menembul dibawah level 6000.

Namun apa yang terjadi?

IHSG dan saham-saham yang mengalami penurunan dalam kembali naik. Mereka yang telah menjual saham-sahamnya hanya bisa menonton melihat bandar-bandar kembali mengangkat saham-saham yang mereka tinggalkan. Mereka pun akan berargumen "ini hanya kenaikan sementara" atau "nanti saja, tunggu lihat kepastian pasar dulu".

Lalu kapan mereka kembali ke market? Ya tentu sesuai trading plan mereka masing-masing dan saya tidak tau itu dan tidak ada yang salah dengan mereka memilih meninggalkan market.

Apa yang sebenarnya alasan mereka meninggalkan market? Faktor psikologis ketakutan atau memang hasil analisa mereka? Saya juga kurang mengetahui pasti, tetapi melihat dari ramainya cerita di komunitas adalah ketakutannya IHSG yang berhasil menembus level psikologis di 6000. Jadi menurutku benar bahwa Bandar telah berhasil mengusir banyak para trader dengan sengaja menembus level psikologis lalu diangkat kembali.

Kalau saya pribadi akan tetap disiplin pada analisa terutama analisa teknikal yang memang bidang yang saya kuasai dengan sedikit dan minim penguasaan fundamental. Hasil dari analisa saya IHSG sama sekali belum mengkahwatirnya. Hal ini terlihat jelas dari kondisi pergerakan IHSG dalam beberapa minggu dan beberapa bulan kedepan yang bisa dilihat pada gambar terlampir.

Pergerakan IHSG sedang dalam pembentukan triangle pattern artinya pergerakan mendatar yang akan semakin menyempit. Selama belum berhasil jebol support 2 di sekitar 5.850an saya tidak akan kahwatir. Namun ada yang menarik dimana para trader lebih memilih angkat kaki ketika IHSG menembus level 5990an padahal disitu adalah area Support 1.

Lalu bagaimana saya menanggapi pergerakan IHSG ini?

Sesuai dari analisa, saya sudah mempersiapkan penurunan IHSG sampai pada level di support 2, dan jika memang penurunan IHSG hanya sampai support 1 dan kembali naik maka dari situ pun saya sudah memperoleh keuntungan yang lumayan dari saham-saham pilihan saya selama IHSG dan bandar telah berhasil mengaduk-ngaduk emosi banyak trader. Saham-saham pilihan tersebut antara lain seperti TELE, SIDO, LPPF, dan lainnya seperti tertera pada gambar terlampir.

Categories

IHSG saham Indonesia

Lalu bagaimana dengan pergerakan IHSG untuk beberapa minggu atau bulan kedepan?

Jika melihat dari gambar diatas, pergerakan IHSG terbatas pada area pola triangle yang semakin mengerucut. Untuk para pemula ada baiknya berhati-hati, disini para buyer dan seller akan semakin mengadu kekuatan untuk menentukan arah selanjutnya. Namun secara garis besar, kecenderungan IHSG akan mengalami penurunan dalam itu sangat besar apabila berhasil tembus support 2. Jadi tetap harus hati-hati dan disiplin.

 

untuk belajar membaca pergerakan IHSG bisa baca kembali disini

Like Fan Page Greatraders untuk mengikuti info terkini disini