5 April

Saham NIKL terkenal di kalangan pemain saham sebagai saham gorengan yang sangat beresiko tinggi. Laporan Keuangan pun berlabel merah. Namun sejak tahun 2016 kenaikannya hingga 800% bahkan tahun ini ke 1000%. Banyak sekali yang berkata bahwa Teknikal tidak bisa diterapkan pada saham ini. Setelah KAEF yang merupakan saham gorengan, saya mulai beli saham NIKL bertahap sejak tanggal 3 - 5 April dengan total average di harga 2676. Saya tertarik untuk menaklukan saham gorengan ini dengan ilmu teknikal dan saya lihat pola pada koreksinya sudah sangat mendukung untuk dilakukan akumulasi. Total akumulasi saya ada di harga 2676.

20 April saham NIKL

Pada tanggal 20 April, baru mulai terlihat bandar mengakumulasi kembali saham-saham ini. Uniknya saham ini sedikit volume dan terjadi pertukaran barang dalam jumlah besar di harga-harga tertentu selama 1 bulan. Harga saat ini mencapai 3600 atau dengan profit 35%. Saya sebenarnya sudah mulai berpikir untuk menjualnya sejak menyentuh resistance 3300 tetapi saya teringat kembali bahwa jika belum ada signal jual, jangan dilakukan.

8 Mei saham NIKL

Selanjutnya saya sedang menunggu harga menuju puncak tertinggi sebelumnya dan berhasil ditembus lagi. Sebelumnya saya berpikir pada harga 4200 saya mau jual karena sudah cukup besar keuntungan yang saya dapat. Tetapi kembali saya melihat pola super uptrend ini luar biasa. Banyak teman dan istri menyuruh saya untuk menjualnya, karena ini saham gorengan yang kapan saja bisa turun dengan cepat. Sempat tergoda namun kembali lagi, saya sedang menguji teori Teknikal Analisis ini secara penuh dan tidak bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor apa pun termasuk diri saya sendiri. Jadi saya tetap dalam aturan Metode Trading yang saya buat. Jangan jual sebelum ada signal untuk jual.

10 Mei saham NIKL

Pada tanggal 10 Mei pembicaraan di group ada yang mengatakan bahwa NIKL perusahaan kurang baik tetapi harga naik setinggi langit. Inilah yang saya maksud bahwa Fundamental Analisis kurang akurasi untuk memprediksi pergerakan harga dibandingkan dengan Teknikal Analisis. Yah, kembali lagi kepada masing-masing karakter Trader dan Investor. Saya tidak ingin ada perdebatan mengenai hal ini.

19-23 Mei saham NIKL tembus 6000

Pada tanggal 18 Mei Saham NIKL sempat mengalami penurunan tajam karena volume yang kurang likuid. Sangat tajam penurunannya hingga ke level harga 4600. Pada tanggal itu saya mulai agak takut, dan disinilah psikologi seorang trader diuji kembali. Saya tetap berusaha tenang dengan memantau lebih cermat. Hampir saja saya untuk melakukan transaksi jual pada harga 4800, tetapi saya berpikir harga ini belum menembus batas support di 4370, jadi jangan jual. Dengan disiplin ilmu yang baik, akhirnya harga kembali naik. Namun disini saya berpikir dalam segi resiko, pada tanggal 18 Mei ini saya tarik seluruh modal saya yang sudah mencapai keuntungan 104% di harga 5400, dan sisa lot yang masih tersedia di saham ini adalah murni dari jumlah nilai keuntungan.

Tanggal 19 Mei, didorong adanya berita baik bahwa saham NIKL masuk dalam MSCI, maka harga kembali terangkat bahkan menembus harga 6600. Target selanjutnya adalah 6700-6750. Sisa saham NIKL ini saya belum jual dengan tujuan dedikasi pada penerapan dan penyempurnaan Ilmu Teknikal yang baru saya terapkan. Analisaku apabila pada level 6700-6750 tidak berhasil ditembus maka koreksi besar akan mulai terjadi. 

Tanggal 23 Mei masih ada pertukaran barang dalam jumlah besar pada harga 6700 dengan nilai profit maximum yang saya miliki adalah 150%, nah disini sangat menarik. Saya masih berpikir apakah harga akan terus ditahan atau secara teknikal akan koreksi dulu.

Untuk mengetahui kelanjutannya, marilah kita lihat apakah Bandarmologi lebih berperan atau teknikal analisis yang lebih akurat, atau keduanya akan saling mendukung. 

 

Portofolio 23 Mei 2017

Mengingat saya mengetahui sekali resiko apabila tidak saya jual dan akan terjadi koreksi atau penurunan harga, maka untuk mengabadikan teori Teknikal Analisis yang saya miliki cukup tajam dan akurat saya abadikan dulu dengan memotret portofolio yang saya miliki ini.