Real Time Trading Saham IPO HRTA

Perlu diketahui saham gorengan adalah saham yang paling ditakuti karena votalitas yang tinggi. Namun ada yang lebih ditakuti lagi yaitu saham IPO atau yang baru melantai di bursa karena belum ada pergerakan harga dan kinerja perusahaan yang dapat dianalisa. Berikut adalah contoh Real Time Trading saya pada saham HRTA dengan fase paling sulit yaitu fase penurunan harga. Ini adalah salah satu cara favorit saya dalam mengambil keuntungan sekalipun dalam fase yang amat sulit.

Harga yang telah menyentuh resistance mulai mengalami penurunan harga

Harga telah menyentuh support dan siap naik kembali

Harga berhasil kembali naik dan segera set jual pada area resistance

Saham telah terjual dan sedang mecoba menjebol resistance

Singkat Cerita bermain saham IPO

Sesuai postingan saya di facebook, saya sebenarnya sangat jenuh dengan kondisi market yang stagnan selama sebulan penuh ini.
Kebetulan hari itu ada 4 saham baru melantai di bursa, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menggeluti salah satu saham ini yaitu HRTA karena sempat mengalami penurunan harga. Saya berpikir Saham gorengan sudah saya taklukan dan saham IPO belum pernah saya coba. Inilah saat yang tepat karena saham-saham lain dalam posisi yang tidak bergerak.

Kembali saya akui melakukan kesalahan karena terbawa emosi dengan votalitas harga yang sangat liar. Sejak turun dari harga 400 ke 380 dan 350 saya hanya berpikir harga sudah murah dan takut cepat naik kembali. Saya tidak lagi memperhatikan pergerakan harga per menit dengan analisa teknikal. Tanpa pikir lagi saya beli dan harga kembali merosot cepat dan harus saya cutloss. Inilah kesalahan dalam psikologis trading tanpa disiplin.

Baiklah, langsung belajar cepat dari kesalahan, segera saya gambar dan analisa seperti yang terlihat pada video diatas. Pada fase naik saya coba ikuti lagi untuk beli di support dan jual di resistance dan berhasil. Demikian pada fase penurunan harga seperti pada video diatas, saya berhasil lagi. setelah itu saya masih wait and see dan benar saham kembali turun ke harga yang lebih rendah di 324. Hasil kerugian pada transaksi awal yang minus sekitar 5% berhasil saya kurangi menjadi sekitar -0,7% saja dengan asumsi saya masih mempunyai kesempatan mengambil di harga yang lebih murah lagi dari sebelumnya.

Sebelumnya saya sudah info dalam sebuah group facebook bahwa HRTA akan mencoba koreksi kembali dengan support kisaran 302 dan 306 dengan batas aman 300. 

Ada seorang member dengan yakin masuk di 330 yang dipikir sudah rendah dan besok akan naik kembali dan ada juga yang berkata volume saat penutupan lebih kecil daripada pagi dan siang, jadi kemungkinan harga akan naik besok. Saya punya analisa berbeda dan sekarang saya tidak lagi mudah percaya dengan volume karena sesuai pengalaman akurasi dari volume sangat terbatas sekali.

Tiba-tiba besok paginya HRTA kembali turun dan tepat di 306. Saya hanya berpikir akankah ke 300 - 302? Dengan money managment yang baik dan belajar dari hari sebelumnya saya harus pastikan dulu bahwa semua analisa sudah cukup baik dan bisa dilakukan eksekusi. Agak telat saya masuk dan kebetulan saya ada urusan di luar rumah, saya coba masuk di 310 dan pasang stoploss di 298. Sebelum saya pergi saya infokan dulu di group bahwa HRTA boleh BUY dengan batas aman 300. 

Sore hari saat penutupan di jalan saya lihat HRTA ditutup menguat 320 dan sebagai hari terakhir sebelum libur panjang ini adalah kesuksesan pertama saya menaklukan saham IPO dengan metode teknikal analisis. Saat ini profit dari HRTA tercatat 3,2% dan sudah berhasil profit. Dari Teknikal seharusnya fase koreksi sudah selesai dan apabila nanti setelah liburan mampu menguat ke atas 334 maka potensi untuk kembali ke harga 400 akan terbuka lebar.

Dilihat dari harga sebelumnya, walupun saya hanya loss 0,7% dan ditutup dengan profit sekarang 3,2% dan dengan harga beli yang jauh lebih rendah maka teknik dari Stoploss dan Support Resistance saya cukup baik untuk menaklukan votalitas saham IPO ini.